Sejarah
Media blog
pertama kali dipopulerkan oleh
Blogger.com, yang dimiliki oleh
Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh
Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat
sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para
penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian,
media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan
program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog
dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh
beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas
interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan
kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk
meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun
demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat
non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai
blogosphere.
Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang
sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat
kontroversial terjadi dalam
blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai
blogstorm atau
badai blog.
Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para
blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal
daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger
yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya
sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam
syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas
tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Jenis-jenis blog
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang
pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan
jahat, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan
kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru,
keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
- Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
- Blog Virus (Virus): Digunakan untuk merusak
Jenis-Jenis Blog
Setiap harinya, entah berapa jumlah blog baru yang muncul di blogosphere. Setelah beberapa riset sederhana (
blogwalking – red),
kami menemukan kesamaan pola dari blog – blog yang ada sehingga kita
dapat mengelompokkan dan membaginya ke dalam beberapa jenis blog. Tidak
perlu banyak introduksi, here we go :
Berdasarkan Jenisnya
Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog
yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi
dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin
penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan
spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa
update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk
disampaikan via blog nya. Contoh :
http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ),
http://radityadika.com ( Raditya Dika )
Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi.
poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau
“wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya
berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press
realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan,
ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb.
Contoh :
http://ycorpblog.com ( Yahoo! ) ,
http://googleblog.blogspot.com ( Google ) ,
http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )
Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang
perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut
berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari
blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project /
produk tersebut. Contoh :
www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ),
http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )
Niche Blog. Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau
topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi
subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari
penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini
merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi =
menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu.
http://publishedmind.blogspot.com ( Teknologi ),
http://navinot.com ( IT in social way )
0 komentar:
Posting Komentar